Thursday 25 October 2018

Ringkasan Penulisan Ilmiah ( Pengantar Bisnis Informatika )

RINGKASAN PENULISAN ILMIAH


- Nama Dosen Pembimbing : Ibu Silvia Harlenas
- Tools menggunakan Visual Basic
- Menggunakan Metode SDLC (System Development Life Cycle)
- Judul Penulisan (Aplikasi Jasa dan Penjualan pada toko dermawan komputer)

Dermawan komputer merupakan toko yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan dan jasa yang dimana selain menjual bermacam-macam peralatan komputer seperti modem, power supply, laptop, mouse, keyboard, monitor, cpu, printer dan lain lain. Di toko dermawan komputer juga menyediakan jasa perbaikan atau servis komputer, seperti beberapa diantaranya yaitu instal ulang windows maupun juga perbaikan hardware.


Tetapi pada usaha perdagangan yang dilakukan di toko tersebut masih menggunakan cara penjualan yang manual seperti pencatatan transaksi, pencatatan laporan penjualan, dan juga berkas yang berisi data konsumen. Data barang maupun data jasa yang masih memakai pembukuan manual ini memiliki kekurangan yaitu ketika ingin mencari catatan transaksi pada bulan atau tahun sebelumnya harus mencari dalam tumpukan berkas yang membuat tidak efisien.


Dan juga di toko dermawan komputer menyimpan data masih dalam bentuk berkas dan melayani transaksi pembayaran kepada konsumen juga masih menulis dan menghitung di atas kertas. Sehingga tingkat kesalahan yang disebabkan oleh user ketika mengelola data penjualan juga bisa semakin tinggi. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk membuat aplikasi jasa dan penjualan barang pada toko dermawan komputer menggunakan visual basic 6.0




- Kelebihan dari aplikasi yang dibuat


1. bisa mempermudah kasir dalam mencatat rekap transaksi dan melakukan pencatatan transaksi di toko yang ada


2. Laporan dari transaksi dari hari,bulan maupun tahun lalu masih bisa dicari , yang pasti lebih meringankan dan mengurangi resiko pembukuan yang hilang


3. Data master yang mencakupi juga data konsumen bisa membuat data yang memiliki nomor konsumen berbeda dari yang lain (unik id)


4. Output yang digunakan sebagai bukti transaksi, rekap penjualan dan jasa, maupun struk yang di berikan ke pembeli menggunakan crystal report




- Alasan mengapa sidang lambat
Untuk penulisan yang kemaren saya lakukan terjadi sedikit keterlambatan karena tanggal sekarang baru bisa memberikan hasil jadi aplikasi yang dibuat, yang dimana saya belom sidang.
dan juga kesalahan dari saya yang lambat mencari dan membuat aplikasi yang dimana penulisan menjadi terhambat di bab 3
dan juga ada sedikit halangan saat lebaran kemaren saya yang tinggal di sumatera harus pulang kampung untuk acara kumpul keluarga, dan membuat penulisan ilmiah sedikit tertunda.




- Promosi yang dipersiapkan


Saya membuat aplikasi ini untuk digunakan di sebuah toko komputer
dan jika memang bisa dipromosikan agar bisa dilakukan distribusi terhadap aplikasi. Maka persiapan saya adalah dengan menggunakan teknik bisnis Tik yaitu melakukan pengiklanan pada aplikasi yang saya buat.


Bisa melalui surat kabar, radio, maupun sosial media yang memang lagi banyak dipakai oleh kalangan pembisnis.
dan juga unsur iklan berupa video yang dimana lebih menargetkan para pengusaha perdagangan komputer.




2 comments:

  1. aplikasinya dalam bentuk apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam bentuk exe yang dijalankan pada desktop komputer

      Delete

thanks

Aris Candra. Powered by Blogger.