U
N I V E R S I T A S G U N A D A R M A
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
Pengantar Bisnis Informatika
MAKALAH
Bisnis Bidang Usaha Jasa dan Penjualan Toko
Komputer
Nama :
Aris Candra
Npm :
51415015
Kelas : 4IA08
Jurusan
: Teknik
Informatika
Dosen : Ibu Siti Saidah
Universitas
Gunadarma
Teknik Informatika
2018
DAFTAR ISI
HAL
COVER........................................................................................... 1
DAFTAR ISI.................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN...................................................................... 4
1.1 Latar Belakang..................................................................... 4
1.2 Batasan Masalah.................................................................. 5
1.3 Tujuan Penelitian................................................................. 5
1.4 Sistematika Penulisan........................................................... 5
BAB II PEMBAHASAN....................................................................... 6
2.1 Toko Komputer.................................................................... 6
2.2 Visi Usaha........................................................................... 6
2.3 Misi Usaha........................................................................... 6
2.4 Tujuan Usaha...................................................................... 6
2.5 Lokasi................................................................................. 6
2.6 Ruang/Tempat yang Dibutuhkan............................................ 7
2.7 Konsep Promosi................................................................... 7
2.8 Produk yang Ditawarkan....................................................... 7
2.9 Ruang Lingkup Usaha........................................................... 7
2.10 Tenaga Kerja..................................................................... 7
2.11 Proses Produksi.................................................................. 8
2.12 Sumber Produk.................................................................. 8
2.13 Penerapan Harga................................................................ 8
2.14 Pelaksanaan Distribusi......................................................... 9
2.15 Strategi Promosi................................................................. 9
2.16 Modal................................................................................ 9
2.17 Evaluasi Resiko................................................................... 9
2.18 Penanggulangan Resiko....................................................... 10
BAB III Kesimpulan.......................................................................... 11
3.1 Kesimpulan.......................................................................... 11
3.2 Saran.................................................................................. 11
DAFTAR PUSTAKA........................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Pada
abad 21 ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Teknologi dengan
berbagai jenis dan berbagai macam kegunaanya sudah dipakai oleh masyarakat. Teknologi
yang sering dipakai membutuhkan perawatan yang baik agar teknologi tidak cepat
rusak. Dengan kebutuhan ini maka diperlukan suku cadang maupun jasa servis
untuk teknologi-teknologi tersebut. Suku cadang atau jasa servis sekarang ini
sudah dapat dijumpai dimana saja. Seperti halnya toko komputer resmi maupun
toko komputer pribadi.
Toko komputer biasanya menyediakan
suku cadang, perangkat assesoris, alat komputer maupun jasa servis. Suku cadang
dan perangkat assesoris biasanya didapatkan dari perusahaan resmi pembuat
teknologi-teknologi tersebut. Dengan saling keterkaitan semua pihak tersebut
bidang toko komputer dapat dijadikan peluang bisnis.
Untuk memulai sebuah bisnis, hal
pertama yang pasti dan tidak bisa dilepaskan adalah pengetahuan akan peluang
pasar dan cara untuk mendapatkan pesanan. Bagaimana peluang pasar yang ada
dipelajari sehingga usaha bisnis mendapatkan orde dan kepercayaan masyarakat
luas, disusul dengan kemampuan untuk menganalisa keunggulan dan kelemahan
pesaing dan sejauh mana usaha tersebut dapat bersaing secara sehat dengan
pesaing malalui harga, pelayanan dan kualitas.
Berdasarkan masalah diatas penulis
terdorong untuk membuat rencana penulisan dengan tema Bisnis Bidang Usaha Jasa
dan Penjualan Toko Komputer. Penulis membuat penulisan ini dengan format
makalah atau paper.
1.2 Batasan
Masalah
Penulis membatasi permasalah penulisan
dengan tema Bisnis Bidang Usaha Jasa dan Penjualan Toko Komputer. Pada
penulisan ini terdapat regulasi dan prosedur pendirian toko komputer.
1.3 Tujuan
Tujuan
dari penulisan ini ialah menjelaskan rencana bisnis bidang usaha Jasa dan
Penjualan toko komputer sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat
tentang prosedur pendirian toko komputer. Penulisan ini juga ditujukan untuk
menyelesaikan tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika.
1.4 Sistematika
Penulisan
Untuk
mempermudah dalam menyusun, mengelolah, dan memahami penulisan, maka
sistematika penulisan diuraikan menjadi tiga bab.
Bab I
PENDAHULUAN
Pada Bab ini
penulis menjelaskan tentang latar belakang masalah, batasan masalah dan tujuan
penulisan.
Bab
II PEMBAHASAN
Dalam bab ini
dibahas mengenai rencana bisnis toko komputer.
Bab
III PENUTUP
Bab ini akan
berisikan tentang kesimpulan dan saran dari penulis
DAFTAR
PUSTAKA
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Toko
Komputer
Toko
Komputer adalah toko yang menjual suku cadang, aksesoris, perangkat lunak serta
jasa perbaikan komputer.
2.2 Visi
Usaha
Penyedia
layanan untuk masyarakat atas kebutuhan suku cadang perangkat keras (hardware)
serta perangkat lunak (software) maupun jasa perbaikan komputer.
2.3 Misi
Usaha
Misi
Toko Komputer yang akan dibuka adalah:
1. Melayani
dengan sopan dan jujur.
2. Selalu
melihat perkembangan dalam penyediaan produk.
3. Meyediakan
produk terbaik untuk pelanggan.
2.4 Tujuan
Usaha
Tujuan
dari Toko Komputer yang ini adalah:
1. Menciptakan
lapangan pekerjaan.
2. Membantu
masyarakat dalam mengikuti perkembangan teknologi.
3. Mendapatkan
keuntungan.
2.5 Lokasi
Lokasi merupakan salah satu penentu
keberhasilan dalam usaha, maka lokasi harus strategis. Lokasi yang dipilih
yaitu Gumawang, Oku Timur, lokasi ini hanya sedikit pesaing dalam bidang toko
komputer serta lokasi ini juga merupakan jalan utama sehingga mudah ditemukan.
2.6 Ruangan/Tempat
yang dibutuhkan
Ruangan/tempat
yang dibutuhkan pada awal membuka usaha ini tidak terlalu luas dan juga tidak
terlalu sempit, yaitu 1 ruangan ukuran 15m x 10m.
2.7 Konsep
Promosi
Konsep promosi yang akan dibuat yaitu dengan
media social seperti facebook, twitter, BBM serta pembuatan banner promosi dan
informasi dari pelanggan ke pelanggan.
2.8 Produk
Yang Ditawarkan
Semakin
berkembangnya sebuah teknologi maka akan semakin banyak kebutuhan yang
dibutuhkan seperti alat-alat komputer dan perangkat lunak serta aksesoris.
Kualitas produk atau mutu produk yang
ditawarkan Toko Komputer ini memiliki beberapa keunggulan:
a. Barang
asli dari pabrik resmi dan memiliki garansi resmi
b. Barang
berkualitas baik
c. Harga
terjangkau
2.9 Ruang
Lingkup Usaha
Toko
komputer ini terletak di Jl.Gumawang, Oku Timur dengan lokasi yang sangat
strategis karena dekat dari pemukiman penduduk dan merupakan jalan utama.
2.10 Tenaga
Kerja
Usaha
ini akan dirintis oleh keluarga, maka dari itu semua anggota keluarga ikut
serta dalam ketenaga kerjaan di Toko Komputer ini. Ada 4 tugas penting untuk
menjalankan toko ini yaitu:
a. Melayani
pembeli di toko dan menyesuaikan harga
b. Mencari
supplier
c. Mencari
mitra dan pangsa pasar
d. Mengantar
order konsumen
2.11 Proses
Produksi
Proses
produksi yang baik akan menghasilkan hasil yang maksimal dan berjalan rapi,
Berikut adalah bagan proses produksi di Toko Komputer ini :
2.12 Sumber
Produk
Produk
yang dijual di toko komputer ini diambil dari supplier resmi dan garansi resmi
serta telah teruji kualitasnya, sehingga semua pihak tidak ada yang dirugikan.
2.13 Penetapan
Harga
Harga yang ditetapkan merupakan harga
yang terjangkau oleh masyarakat. Harga juga mengikuti perkembangan dolar.
Setelah di perhitungkan, untuk harga awal berikut adalah tabelnya. Harga akan
disesuaikan dengan perkembangan teknologi selanjutnya.
Daftar Harga Komponen
Komputer
2.14 Pelaksanaan
Distribusi
Untuk
menjual produk secara maksimal dan lebih mendekat ke konsumen maka distribusi
yang dilakukan yaitu distribusi secara intensif.
2.15 Strategi
Promosi
Dalam
memasarkan produk sangat diperlukan strategi promosi yang tepat pada sasaran.
Dengan strategi promosi bisnis yang tepat, bisnis akan meraih kesuksesan dan
akan mendapatkan kesempatan untuk mencapai target penjualan.
Strategi yang akan dijalankan pada
Toko Komputer ini antara lain:
- Membuat iklah-iklan di media sosial, internet, maupun
forum.
- Membuat katalog-katalog mengenai yang sedang
promo/diskon.
- Mendata pelanggan yang berkunjung.
- Menempatkan produk di tempat yang tepat.
2.16 Modal
Modal
adalah hak atau bagian yang dimiliki oleh perusahaan dalam pos modal (modal
saham), keuntungan atau laba yang ditahan atau kelebihan aktiva yang dimiliki
perusahaan terhadap seluruh utangnya.
Modal merupakan hal yang sangat
penting dalam mendirikan perusahaan. Modal awal merupakan sumber keungan untuk
semua keperluan untuk mendirikan perusahaan sebelum perusahaan memperoleh dari
sumber lain. Modal awal dapat diperoleh dari uang pribadi maupun pinjaman dari
bank.
2.17 Evaluasi
Resiko
Dalam manajemen kerja harus
memperhatikan tiga hal yaitu produk yang dihasilkan, waktu, dan biaya. Dari
ketiga aspek tersebut terdapat resiko, yaitu:
1. Produk
Produk yang dihasilkan terkadang kurang diminati oleh
konsumen. Hal ini disebabkan banyak factor, antara lain fitur yang ditawarkan
kurang memadai, model yang kurang disukai dan lain sebagainya.
2. Waktu
Perkembangan teknologi sangat cepat. Setiap detik bisa
terjadi inovasi-inovasi baru. Bila bisnis tidak melihat waktu perkembangan
teknologi maka konsumen tidak berminat dengan barang-barang yang sudah
ketinggalan zaman.
3. Biaya
Biaya sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Jika dalam
pengerjaan sebuah produk memakan biaya yang sangat besar maka harga jual juga
akan naik. Hal ini dapat mengurangi minat dan daya beli konsumen.
2.18 Penanggulangan
Resiko
Setelah
mengetahui resiko yang dapat terjadi dalam perkembangan bisnis, maka diperlukan
strategi dalam menanggulanginya, yaitu:
- Selalu mengikuti perkembangan teknologi.
- Mengetahui selera konsumen.
- Mengatur jadwal dalam mengerjakan proyek sehingga
manajemen waktu dapat dimaksimalkan.
- Menghitung perkiraan biaya yang dikeluarkan dalam
mengerjakan proyek sehingga anggaran dapat ditekan tanpa mengurangi
kualitas produk.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dalam
memulai bisnis bidang Toko Komputer banyak yang harus diperhatikan. Regulasi
dan prosedur pendirian toko hingga aspek keuangan dan resiko yang akan terjadi
merupakan hal yang penting dalam memulai bisnis ini.
3.2 Saran
Dalam
penulisan ini penulis menyadari masih banyak kekurangan dan masih jauh dari
kesempurnaan. Maka penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari
pembaca.
DAFTAR
PUSTAKA
[2] Ryan
Gondokusumo. 10 Tips Strategi Promosi
Efektif yang Belum Anda Ketahui, http://blog.sribu.com/, Tanggal
Akses: 5 November 2015 10:00